Kamis, 23 Mei 2013

Manajemen Pemasaran Bisnis "KONVEKSI"


I.                   Latar Belakang

Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya. Salah satunya adalah usaha konveksi. Seperti yang kita ketahui konveksi merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang fashion.    
Produk-produk yang kami buat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan yang menjadi pelanggan setia bagi perusahaan kami.
. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level bawah.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan di dalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggungjawab besar yang harus kami menangkan jika ingin tetap berjaya di dalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.
. Konveksi merupakan bisnis yang menjanjikan. Semua orang pasti butuh pakaian dan sifat dari konveksi tersebut selalu baru dari waktu ke waktu.
 Melihat perkembangan bisnis di bidang konveksi yang sangat berkembang mengantarkan saya untuk mengamati apa saja yang ada di dalamnya. Pengamatan akan saya pusatkan pada usaha konveksi atau lebih tepatnya tailor yang dijalakan oleh tante saya.
Setelah lulus Sekolah Dasar beliau memang tidak melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi dan akhirnya memilih kursus di bidang fashion. Dari kursus cara memotong dan membuat pola baju hingga bisa membuat baju sendiri. Bisnis tailor kami sudah berjalan cukup lama dan berawal dari kemampuan yang dimilikinya, beliau mendirikan usaha tailor. Usaha yang dijalankan memang tidak besar. Dari jasa menjahit pakaian anak-anak kemudian mulai ada pesanan jahitan alas meja, tutup TV dan sprey.
Beberapa tahun kemudian karena pesanan banyak, tante saya mulai mempekerjakan dua orang karyawan yaitu membantu menerapkan kancing, payet, dan aksessoris baju lainnya dan yang satunya menjahit pakaian.
Variasi produk kemudian dikembangkan ke produk lain seperti seragam sekolah, baju koko, gamis, blus dan baju kebaya. Karyawan yang dipekerjakan adalah kaum wanita yang berdomisili di sekitar lokasi usaha.
Saat ini pengelolaan usaha diarahkan keperbaikan manajemen dan inovasi. Manajemen produksi, keuangan dan pemasaran merupakan prioritas utama yang menjadi sasaran perbaikan di masa yang akan datang. Dibidang manajemen produksi, variabilitas produk dan kreativitas serta inovasi produk adalah aspek penting yang selalu dikembangkan.
Selanjutnya mengenai pemasaran produk. Pada dasarnya kegiatan dan pengertian pemasaran jika dibandingkan dengan kegiatan sejenis seperti kegiatan perdagangan, penjualan, dan transaksi yang dilakukan. Pemasaran itu sendiri mengandung pengertian suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

II.                PPROSES PERENCANAAN
a.       Segmentasi

Segmentasi memiliki peran penting dalam  sebuah perusahaan. Cara yang dapat dijadikan dasar dalam segmentasi pasar yaitu dengan melihat karakteristik konsumen karena konsumen merupakan variabel utama dalam segmentasi. Selain itu dapat dilihat berdasarkan variabel usia, jenis kelamin dan pekerjaan. Dalam menentukan dasar segmentasi yang akan digunakan dapat disesuaikan dengan kondisi yang paling relevan. Sebagaimana diketahui konsumen berbeda dalam banyak hal dan masing-masing berpotensi membentuk segmen.
Dalam usaha ini berdasarkan kelas ekonomi kami tujukan pada kalangan menengah atas.  

b.      Target Pasar

Setelah mengidentifikasi peluang segmen pasar, selanjutnya adalah mengevaluasi beragam segmen tersebut untuk memutuskan segmen mana yang menjadi target pasar. Oleh karena itu kami menentukan target pasar dari produk kami yaitu di tempat usaha kami sendiri, pasar-pasar dan menawarkan produk dari rumah ke rumah.   

c.       Positioning
Positioning merupakan suatu strategi dalam kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perbedaan (differents), keuntungan (advantages), manfaat (benefit) yang membuat konsumen selalu ingat suatu produk.  Produk-produk yang kami buat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut. Bagi pelanggan yang akan membeli produk, kami bersedia melayani pesanan dalam jumlah banyak dan menerima pesanan sesuai model yang pelanggan inginkan. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan yang menjadi pelanggan setia bagi perusahaan kami.

III.             PELAKSANAAN

a.       Produk
Di dalam usaha konveksi ini, kami membuat beragam produk di antaranya seragam sekolah/ guru, baju anak-anak, baju koko, gamis dan kebaya. Sebuah konveksi yang bagus tentunya harus memiliki peralatan mesin untuk proses kelancaran operasional usahanya. Adapun peralatan dan fungsinya yang menunjang dalam usaha konveksi ini yaitu :

1.      Mesin jahit listrik
Fungsinya seperti mesin jahit biasa, seperti menjahit pinggiran kaos, pasang saku, menjahit kerah, dan lain-lain. 


2.     Mesin obras
Digunakan untuk menjahit sambungan antar bahan kaos. Warna benang biasanya menyesuaikan dengan warna bahan kaosnya. Di bagian mejanya ada lubang untuk membuang sisa benang atau jahitan yang tidak terpakai.  

3.     Mesin pasang kancing
Digunakan untuk memasang kancing dengan rapi dan kuat. Selain itu bisa digunakan untuk membuat lubang kancing dengan berbagai motif jahitan. Pada dasarnya langkah pembuatan pakaian adalah sama yaitu dari membentuk design/rancangan, membentuk pola, memotong, menjahit sampai proses finishing.     
Adapun cara pembuatan baju adalah sebagai berikut :

·           Design/rancangan
Pakaian yang akan dibuat terlebih dahulu kita design/rancang sesuai apa yang kita inginkan.

·           Pola
Menggambar pola baju yang diinginkan pada kain. Setiap potongan pakaian ada polanya tertentu. Untuk membuat pola sendiri dibutuhkan pengetahuan khusus pattern making. Bagi yang tidak dapat membuat pola sendiri kita bisa melihat di majalah-majalah.

·           Potong
Kain tadi dipotong sesuai pola. Memotong kain pun tidak sembarangan. Pola diusahakan diatur sedemikian rupa sehingga kain terpakai secara optimal, dan tidak banyak terbuang.

·           Jahit
            Kain yang telah dipotong sesuai pola tadi kemudian disambung-sambungkan sehingga membentuk pakaian yang diinginkan. Dalam proses ini diterapkan berbagai teknik menjahit, misalnya bagaimana memasang saku, menyambungkan lengan agar rapi, memasang  kerah dan lain-lain.

·           Finishing
Mungkin ada pakaian –pakaian yang masih perlu diolah lagi setelah dijahit. Misalnya perlu dipasang kancing, atau ditambah payet.

b.      Place   
Usaha tailor ini cukup berada di rumah sendiri. Karena tempatnya sudah sangat srategis yaitu berada di dekat keramaian. Tepatnya di Jalan PR. SUKUN Gebog Kudus di sebelah timurnya pabrik SUKUN. Dengan lokasi bisnis peluang untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.

c.       Price
Salah satu faktor penentu harga adalah kualitas produk yang bagus dan menarik. Harga ditentukan sesuai jenis pakaian yang akan dibeli dengan mempertimbangkan kualitas dari kain itu sendiri dan model atau motif baju. Misalnya untuk satu stel seragam sekolah dihargai Rp. 40.000. Pakaian anak-anak di hargai sekitar Rp. 25.000. Untuk baju koko dewasa di hargai sekitar Rp. 40.000. Baju gamis dewasa di hargai Rp. 90.000. Dan satu stel baju kebaya bisa mencapai Rp. 400.000 .
  
d.      Promotion       
Perlu diketahui bahwa segala bentuk bisnis pada dasarnya adalah sama, yaitu penuh dengan tantangan dan kompetisi yang kuat. Untuk itu promosi merupakan hal yang sangat berpengaruh demi kelancaran bisnis yang dijalankan. Karena itu, untuk mengenalkan produk yang telah diproduksi kita perlu melakukan promosi. Promosi merupakan hal yang sangat penting, dengan demikian orang-orang akan mengenal produk yang kita buat dan membeli. Adapun promosi yang dilakukan usaha kami melalui mulut ke mulut dari desa-desa dan kota di sekitar melalui brosur. Memang di era sekarang yang sudah modern ini banyak pengusaha bisnis yang mempromosikan produknya melalui lingkup yang besar seperti jejaring sosial. Mulai dari facebook, blogg dan lain-lain.
Namun untuk hal itu kami belum berani mempromosikan melalui internet karena usaha yang dijalalankan masih dalam skala kecil. Namun untuk ke depannya jika usaha yang dijalankan semakin berkembang kami berencana untuk mengembangkan bisnisnya sampai pasar global.     

IV.             UPAYA MEMUASKAN KONSUMEN

Selain masalah kredibilitas, pelayanan yang cepat dan juga customer service menjadi hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam bisnis. Dalam usaha ini selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam upaya memberikan kepuasan bagi pelanggan. Diantaranya meningkatkan kualitas produk sebaik mungkin. Di dunia fashion yang cenderung selalu up to date dalam stylenya mendorong kami untuk merespon produk baru pesaing dengan cara menawarkan produk yang lebih baik, melayani perubahan selera dan permintaan pembeli dengan redesign atau repackaging produk atau mengubah fokus iklan pada atribut produk yang lain.  


V.                PENUTUP
Agar sukses dalam usaha yang harus diperhatikan adalah fokus pada segmen dalam industri yang pertumbuhannya paling cepat. Menekankan diferensiasi yang berbasis peningkatan kualitas dan inovasi produk sehingga dapat menciptakan permintaan dengan menciptakan segmen baru atau dengan mendorong pembeli untuk membeli. Dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis, penentuan strategi pemasaran sangat penting dalam sebuah usaha demi mencapai tujuan bisnis yaitu profitabilitas yang tinggi.  

6 komentar:

  1. Terimakasih Venie.....terus menulis sesuatu yang bermanfaat ya, Khsususnya konveksi....

    BalasHapus
  2. terima jahit konveksi seragam, kaos dll; terima pesanan dalam jumlah banyak; dijamin kualitas bagus. harga sesuai kualitas dan kantong anda.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas masukannya .bagi saya sangat berharga.dan mudah mudahan kedepannya saya bisa sukses seperti anda.walau saya masih kecil kecilan tapi berharap jadi besar besaran.karena tuntutan harus menapkahi karyawan lewat adanya orderan dari produk yg saya produksi.amminn

    BalasHapus
  4. Harrah's Resort Atlantic City Tickets - JSH Hub
    Harrah's Resort Atlantic City 춘천 출장샵 Tickets · Upcoming 논산 출장마사지 Festivals · Atlantic City City 안동 출장샵 Beach Club 포항 출장마사지 · Atlantic 김해 출장안마 City Club · Harrah's Atlantic City.

    BalasHapus