Kamis, 23 Mei 2013

Nasihat sahabat...



Salah satu pesan penting dari Rasulullah yaitu, dua perilaku hati yang paling baik adalah khusnudzon kepada Allah dan pada ulama’ dan sebaliknya dua perilaku hati yang paling buruk adalah suudzon pada Allah dan ulama’

Rasulullah juga berpesan pada ummatnya : “Keturunanku itu ibarat kapalnya Nabi Nuh, ikutilah mereka dan kalian akan selamat”
Harapan adalah hal yang selalu tersisa ketika pesimis, kecewa karena gagal, lihatlah ke dalam, masih ada yang tersisa yaitu harapan. Dan harapan itu sebagai tanda kehidupan, dan kehidupan memberikan tanda bahwa selalu ada kesempatan yang lebih baik dengan harapan baru
Karena kegagalan adalah tanda berakhirnya satu kesempatan dan sebagai tanda kesempatan baru telah terlahir dan dengan harapan baru tentunya.
Kesulitan terjadi itu ketika tidak melibatkan Allah dalam setiap gerak kita, namun jika selalu melibatkan Allah dalam gerak kita, tidak akan pernah ada kesulitan karena semua proses kehidupan baik mudah maupun sulit secara lahiriyah adalah hikmah. Jadi tidak ada yang sulit jika kita memiliki ilmunya dalam hidup.
Yang paling menakutkan itu ketika Allah mempunyai kehendak di akhir hayat kita dalam keadaan tidak membawa iman.
Kadang kala jika sesuatu membutuhkan alasan, sesuatu tersebut akan hilang juga seiring hilangnya alasan yang menjadi dasar.

Yang singkat itu adalah waktu
Yang menipu itu adalah dunia
Yang dekat itu adalah kematian
Yang besar itu adalah hawa nafsu
Yang berat itu adalah amanah
Yang sulit itu adalah ikhlas
Yang mudah itu adalah berbuat dosa
Yang susah itu bersabar
Yang sering lupa itu adalah bersyukur
_Imam Ghazali_

2 komentar: